oleh

Penambahan Kursi Pimpinan DPR dan MPR Masih ‘Molor’

Sebarr.com, Jakarta – Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas mengatakan pemerintah sudah setuju dengan penambahan kursi pimpinan di DPR dan MPR. Kata dia, pemerintah setuju jika ada penambahan satu kursi pimpinan DPR dan dua kursi di MPR.

“Kemarin pemerintah sudah, waktu kita rapat informal. Kita dengan dua tidak menjadi masalah. Di MPR. Tetapi di DPR pemerintah berkeinginan cuma satu,” kata Supratman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/2).

Aturan mengenai kursi pimpinan DPR dan MPR sebenarnya di atur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang sekarang tengah dilakukan revisi. Menurut Supratman, penambahan kursi di DPR dan MPR masih terus berdinamika di kalangan fraksi.

Beberapa fraksi sudah setuju penambahan satu kursi di DPR namun muncul opsi lain dengan penambahan dua kursi untuk DPR, MPR dan DPD. Pembahasan itu hingga kini masih belum menemukan kesepakatan, karena itu, anggota komisi I ini akan membawa pembahasan tersebut ketingkat Panitia Kerja (Panja).

“Kemudian di DPR tadi masih berkembang. Rata-rata mengusulkan satu. Tetapi ada yang mengusulkan dua. Kemudian DPD juga ada penambahan,” ungkapnya.

“Tetapi karena ini tidak bisa bulat, kita berusaha melakukan komunkasi supaya di tingkat kapoksi bisa rampung. Ternyata engga bisa, jadi akan kita selesaikan besok di tingkat Panja,” tandasnya.

Diketahui, awalnya pemerintah bersikukuh penambahan kursi pimpinan DPR hanya bisa satu kursi. Namun DPR menawarkan opsi jumlah kursi pimpinan MPR menjadi dua dan tiga.

Saat ini DPR memang sudah sepakat menambahkan satu kursi pimpinan DPR dan MPR untuk PDIP yang notabene dalam partai pemenang pemilu 2014. Sedangkan jika ada ada penambahan lebih dari satu kursi seperti di MPR, maka posisi itu untuk PKB dan Gerindra.

“Gerindra sama PKB (yang mungkin bisa kursi MPR),” kata Supratman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/2).

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *