oleh

Ratusan Wartawan Belajar Aturan Main Bernegara di Puncak

Sebarr.com, Bogor – Selama empat hari, 154 Wartawan akan mengikuti kegiatan sosialisasi dan mendapatkan materi tentang konstitusi dan tata cara berkonstitusi dari para pakar ilmu ketatanegaraan yang ada di Pusdiklat Pancasila dan Konstitusi, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat , Senin (27/2).

Ratusan awak media ini adalah perwakilan media cetak, online, televisi dan radio se-Indonesia, mereka datang untuk belajar aturan main bernegara melalui sosialisasi hak konstitusional warga negara diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi bekerja sama dengan Dewan Pers Indonesia.

Kepala Pusdiklat Pancasila dan Konstitusi Budi Ahmad Johari menyebutkan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini ada dua aspek yakni memahami konstitusi berdasarkan sistem ketatanegaraan dan subtansinya.

“Pusdiklat ini tempatnya belajar aturan main bernegera yang diatur dalam konstitusi,” kata Budi.

Ia mengatakan ada tiga hal yang akan dipelajari oleh media selama mengikuti sosialisasi yakni mengenal apa itu konstitusi, bagaimana menjalankan konstitusi dan bagaimana penegakan hukum dalam konstitusi.

“Sosialisasi ini bagaimana meningkatkan pemahaman wartawan dalam memahami hak konstitusional bernegara, dan dapat menyebarluaskannya ke masyarakat sehingga dapat meningkatkan juga pemahamannya tentang konstitusi,” katanya.

Hari pertama kegiatan akan diisi dengan wawasan kebangsaan, memahami nilai-nilai Pancasila yang akan diikuti seluruh awak media dengan pendekatan “outbond” selama satu hari penuh.

Sosialisasi peningkatan pemahaman hak konstitusional warga negara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua MK, Anwar Usman, dan sambutan disampaikan oleh Sekjen MK, Guntur Hamzah, serta Ketua Dewan Pers Indonesia, Yosep Adi Prasetyo.

Sosialisasi peningkatan pemahaman hak konstitusional warga negara bagi media massa se-Indonesia ini menghadirkan sejumlah narasumber seperti mantan Ketua MK Prof Mahfud MD yang menyampaikan materi tentang konstitusi dan konstitusional Indonesia.

Narasumber kedua Prof Susi Dwi Harijanti akan menyampaikan materi tentang sistem penyelenggaraan negara berdasarkan UUD 1945. Pembicara ketiga Prof Judhariksawan menyampaikan tentang jaminan hak konstitusional warga negara menurut UUD 1945.

“Di akhir ada materi yang disampaikan oleh juru bicara MK Fajar Laksomo yang akan menyampaikan tentang mahkamah konstitusi dan hak hukum acara pengujian undang-undang terhadap undang-undang dasar,” kata Budi.

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *