oleh

Terpidana Kasus Pembunuhan Munir Gabung Partai Tommy Soeharto

Sebarr.com, Jakarta – Pollycarpus Budihari Priyanto, terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM Munir, resmi masuk menjadi anggota Partai Berkarya besutan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.

‎”Iya benar, jadi saat verifikasi parpol kemarin semua partai menjaring anggota-anggota dengan surat dari KPU kan minimal memiliki seperseribu anggota di setiap kabupaten dari penduduk yang ada. Pak Polly ini mendaftar di salah satu kabupaten terjaring namanya,” kata Sekjen Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (7/3/2018).

Badar menjelaskan Pollycarpus terdaftar dari wilayah Tangerang, Banten. Menurut dia, Partai Berkarya tidak melihat latar belakang Polly yang telah divonis bersalah terlibat kasus pembunuhan Munir.

“Karena kan kita tidak melihat latar belakang dari semua calon anggota itu kan. Yang penting memiliki KTP, WNI, dan sudah berumur 17 tahun ya kita berikan KTA,” tutur dia, dilansir tribunnews.

Menurut Badar, mantan pilot Garuda itu hanya terdaftar sebagai kader partai biasa, bukan kepenguusan DPP ataupun masuk dalam daftar calon legislatif (caleg) dari Partai Berkarya. Pollycarpus bergabung ke Berkarya atas keinginan yang bersangkutan.

“Waktu pas kami lolos verifikasi, kami kan buka pendaftaran untuk merekrut anggota. Pak Pollycarpus mendaftar ke kami,” imbuh dia, dikutip dari vivanews.

“Dari 400-an ribu anggota kita, kita bermacam-macam latar belakangnya. Tidak ada kita mengungkit masa lalu orang apalagi hanya anggota biasa,” tandas petinggi Partai Berkarya itu.

Pollycarpus adalah mantan pilot Garuda Indonesia yang divonis 14 tahun penjara setelah dinyatakan terbukti bersalah dalam kasus meninggalnya Munir pada 7 September 2004. Setelah menjalani masa tahanan selama 8 tahun, dia dinyatakan bebas bersyarat sejak 28 November 2014.

Bergabungnya Pollycarpus melengkapi sejumlah nama elite partai yang sudah dikenal publik. Beberapa nama itu antara lain mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno dan Mayjen TNI (Purn) Muchdi Purwoprandjono. Selain itu, tentunya ada nama pendiri Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.

Facebook Comments

Komentar

News Feed