Pendiri Demokrat: Indonesia Butuh Ekonom Handal Seperti Rizal Ramli

Pendiri Demokrat: Indonesia Butuh Ekonom Handal Seperti Rizal Ramli

Sebarr.com, Jakarta – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar masih mengalami pelemahan. Rupiah saat ini makin terjerembab di level Rp14.000 per USD.

Pengusaha Kondang Vence Rumangkang mengatakan, Indonesia butuh sosok penyelamat yang berkompeten di bidang ekonomi.

Menurutnya, Indonesia akan menghadapi ancaman krisis ekonomi yang berkepanjangan. Sementara pelemahan rupiah yang disinyalir akan terus merosot tajam. Indonesia butuh seorang penyelamat yang paham ekonomi makro dan mikro.

“Saya rasa kita perlu sosok penyelamat seperti Ekonom Rizal Ramli,” kata Vence di Jakarta, Jum’at (11/5/2018).

Vence Rumangkang yang juga Penggagas dan Pendiri Utama Partai Demokrat menilai, prestasi yang ditorehkan Ekonom Rizal Ramli saat menjadi Menteri Bidang Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid (GusDur) sangat membanggakan karena mampu mengurangi utang Indonesia.

“Dengan strateginya, Rizal Ramli mampu mengurangi utang Indonesia yang mencapai USD 10 miliar atau setara Rp 139,7 triliun (Rp 13.967 per USD). Saat itu Rizal mampu mengurangi utang Indonesia sebesar USD 4,5 miliar atau setara Rp 62,8 triliun,” tutur Vence.

Selain itu, pemerintahan Gus Dur diklaim juga mampu membalikkan pertumbuhan ekonomi dari minus 3 persen menjadi 4,5 persen.

Dan, Pemerintahan Gus Dur satu-satunya pemerintahan yang mengurangi utang,” tegasnya

Selanjutnya Vence menambahkan, dunia ke depan semakin merisaukan isu perubahan iklim dan lemahnya rupiah terhadap dolar akan terus menjadi persoalan yang cukup serius.

“Track recordnya tak perlu diragukan lagi. Apalagi beliau pernah menjadi Penasehat Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Indonesia sangat membutuhkan penyelamat ekonomi yang handal seperti Rizal Ramli,” tandasnya.