oleh

DP Rumah Masih Jadi Momok, 45 Persen Warga Jakarta Tinggal di Rumah Warisan

Sebarr.com, Jakarta – 45 persen penduduk Jakarta tak sanggup beli rumah sendiri. Hunian yang mereka tinggali kebanyakan didapat dari hasil warisan keluarga. Fakta itu ditemukan pada Property Sentiment Survey yang dilakukan oleh Rumah123.

Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung memaparkan, besaran uang muka atau down payment (DP) ternyata masih menjadi momok di semua kelompok penghasilan dalam membeli sebuah hunian. Masalah ini tidak hanya dihadapi oleh orang-orang dengan penghasilan rendah, tetapi juga yang berpenghasilan tinggi.

“Mereka yang memiliki penghasilan bulanan baik di bawah atau di atas Rp 10 juta tetap kesulitan membayar DP,” kata Ignatius Untung, di kantor Rumah123 di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

READ  Ketua DPR: Jangan Cari "Kambing Hitam" Atas Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS

Untung memaparkan, jika mereka yang berpenghasilan di bawah Rp 10 juta per bulan kesulitan membayar DP lantaran kurangnya penghasilan, berbeda halnya dengan yang memiliki penghasilan di atas Rp10 juta. Golongan berpenghasilan terbilang besar cenderung kesulitan membayar DP karena terlilit utang. Sebut saja credit card, Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

“Jadi kurang tepat jika berpikir hanya mereka dengan penghasilan kecil yang kesulitan menyediakan dana untuk pembayaran DP,” imbuhnya.

Survei yang dilakukan Rumah123 ini melibatkan 1.922 responden selama periode 13 Maret sampai 27 April 2018. Responden berasal dari Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya di Pulau Jawa.

Komentar

News Feed