oleh

Hari Pertama Tarawih, Madjid Istiqlal Dibanjiri Jamaah

Sebarr.com, Jakarta – Awal Ramadan akan jatuh pada Kamis 17 Mei 2018 besok. Malam ini, menjadi hari pertama pelaksanaan Salat Tarawih.

Pantauan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, hari pertama pelaksanaan Salat Tarawih tampak ramai. Kepadatan jemaah sudah terlihat sejak Salat Maghrib.

Jemaah yang hadir kemudiam diserbu penjaja plastik yang difungsikan sebagai kantong penyimpan alas kaki.

Penjagaan ketat juga terlihat di sekitar masjid. Setiap jemaah yang akan masuk ke dalam masjid wajib melalui pemeriksaan termasuk aparat keamanan baik polisi dan TNI.

Rencananya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengawali salat tarawihnya di Masjid Istiqlal.

Setelah melakukan pemantauan hilal dan menggelar sidang isbat, Kementerian Agama menetapkan awal Ramadan 2018 jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.

READ  Hoax Buster Tools, Aplikasi Karya Anak Bangsa Perangi Berita Palsu

“Kita sudah menyelesaikan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan 1439 Hijriah, berdasarkan hasil perhitungan hisab dan hasil rukyatul hilal dan tidak melihat halal, maka bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari, dan 1 Ramadan jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa 15 Mei 2018.

Dengan keputusan ini, maka pelaksanaan awal puasa Ramadan 1439 Hijriah akan berlangsung serentak di Indonesia, yakni pada Kamis, 17 Mei 2018.

Komentar

News Feed