oleh

JK Sebut Peserta Pilpres 2019 Dua Pasang Calon

Sebarr.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, dengan berlakunya syarat dukungan paling sedikit 20 persen kursi partai atau gabungan partai di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), akan ada dua pasang calon yang akan bertarung di pilpres 2019.

“Dari koalisi yang ada, dapat diperkirakan bahwa kemungkinan itu hanya dua (pasangan) calon, karena itulah maka dua ini harus mengatur. Memang kesulitannya adalah banyak yang ingin jadi wakil presiden,” kata Jusuf Kalla di Istana Wapres Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Menurut Jusuf Kalla, pertemuan antara Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto wajar terjadi di masa menjelang pendaftaran capres-cawapres karena lebih membahas mengenai pembagian “jatah” kekuasaan jika memenangi Pemilu.

“Sehingga harus terjadi perundingan, power sharing yang dirundingkan itu sebenarnya. Jadi kalau menang nanti bagaimana, posisi masing-masing nanti seperti apa,” ujarnya.

Dalam sepekan terakhir, pertemuan antar petinggi Partai Demokrat, Partai Gerindra, PAN dan PKS terjadi untuk membicarakan koalisi dan rencana mengusung pasangan capres-cawapres sebagai lawan Presiden Joko Widodo selaku petahana di Pemilu 2019.

“Prinsip politik itu, tidak ada kawan dan lawan abadi, yang abadi ialah kepentingan, kepentingan untuk maju, kepentingan untuk menang, kepentingan untuk jadi presiden. Jadi semua itu mungkin saja,” tambah Kalla.

“Jadi semua mungkin saja (terjadi). Jadi koalisi itu cocok-cocokan. Memang pada Pemilu 2014, Partai Demokrat lebih netral, jadi mudah untuk ke kiri dan ke kanan sekarang,” kata Jusuf Kalla.

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *