oleh

Mahfud MD Pastikan Netral di Pilpres 2019

Sebarr.com, Jakarta – Mahfud MD menegaskan tak akan bisa menjadi tim pemenangan pilpres 2019 mendatang.

Hal ini lantaran eks Ketua MK itu masih menjabat dalam Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Mahfud menjelaskan badan tersebut dibentuk oleh Presiden RI Joko Widodo untuk menjaga ideologi. Salah satunya ialah menjaga netralitas.

“Saya tidak bisa menjadi ketua tim sukses atau tim pemenangan karena saya masih di Badan Ideologi Pancasila (BPIP). BPIP itu tuh ditugaskan oleh Presiden oleh Pak Jokowi untuk menata ideologi, termasuk di dalamnya bagaimana netralitas,” kata Mahfud MD usai menghadiri acara PSI di Balai Sarbini, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).

Netralitas yang dimaksud, lanjut Mahfud, terkait dengan penyelenggara negara dan ideologi. Maka itu, untuk menjaga netralitas penyelenggara negara dan Pancasila, ia tidak bisa bergabung ke salah satu paslon.

READ  Indonesia Disebut Terancam Embargo AS Jika Membeli Jet Tempur Sukhoi

“Netralitas penyelenggara negara, dan idelogi penyelenggara negara juga. Oleh sebab itu kalau saya masuk tim sukses yang mana pun, (jika iya) berarti saya tidak netral,” kata Mahfud MD.

Lagi pula, lanjut dia, hingga kini belum ada tawaran untuk menjadi tim sukses, baik dari kubu Prabowo maupun kubu Jokowi. Jika ada, Mahfud mengatakan harus mundur dulu dari BPIP supaya tidak ada etika yang dilanggar.

“Engga ada tawaran (jadi tim sukses itu),” ujarnya. (kum)

Komentar

News Feed