oleh

Polisi Pastikan Isu Pengusiran Relawan Asing di Palu Hoaks

Sebarr.com, Bogor – Polri memastikan bahwa kabar adanya penolakan relawan asing untuk melakukan bantuan terhadap korban gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah adalah bohong alias hoaks.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, menjelaskan, dalam proses evakuasi, petugas gabungan dari Indonesia cukup terbantu dengan adanya tim relawan dari negara sahabat yang mengirimkan bantuan untuk proses evakuasi.

“Hoaks itu. Pada saat evekuasi, relawan asing cukup banyak, dari Jepang, Korea, Singapura hadir,” kata Dedi di acara Pers Gathering Divisi Humas Polri, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/10/2018).

Dedi pun mengakui, bantuan dari luar negeri pun banyak yang masuk. Bantuan itu, kata Dedi berasal dari Amerika Serikat, Spanyol, India, Korea Selatan, dan berbagai negara.

READ  Ups, Ada Pocong Dukung Timnas U-16 di Malaysia

Selain itu, lanjut Dedi, media-media massa asing juga turut meliput bencana alam yang menewaskan ribuan orang tadi.

“Saya sempat diwawancarai media Spanyol, India, dan Korsel,” tutur Dedi.

Dari Polri sendiri, sambung Dedi, bantuan disalurkan langsung ke Sentra Pengungsian. Setidaknya, terdapat 147 sentra yang dipetakan Polri memerlukan bantuan. Bantuan-bantuan disalurkan ke sentra-sentra yang dibutuhkan.

“Mana yang masih minim distribusi, kita doping. Menyangkut itu, itu ada posko pusat di makorem. Termasuk seluruh bantuan tercatat semuanya di posko pusat. Ada tertib administrasi pendistribusian,” tandas Dedi.

Komentar

News Feed