oleh

Sukmawati Batal Bersaksi di Praperadilan SP3 Rizieq

Sebarr.com, Bandung – Sukmawati Soekarnoputri batal memberikan kesaksian dalam lanjutan sidang praperadilan surat penghentian penyidikan pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Syihab, lantaran sudah ada saksi lainnya.

Kesaksian muncul dari saksi fakta Ibnu Prakoso dan ahli hukum Floradianti. Keduanya bersaksi di hadapan hakim tunggal Muhammad Razad di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (18/10/2018).

“Kapasitasnya ibu Sukma ini saksi fakta, tapi tadi sudah ada dari saksi Pak Ibnu. Kalau tidak ada saksi lain, ibu Sukma yang bersaksi,” ujar Dominica, salah seorang pengacara Sukmawati usai persidangan.

Sementara saat persidangan berlangsung, ruang sidang 1 PN Bandung gaduh.
Sukmawati dan tim kuasa hukumnya pun lantas keluar dari persidangan. Dia menggunakan jalan belakang ruang sidang, pintu masuk majelis hakim.

Dominica mengatakan keterangan dari ahli hukum saat persidangan menyebutkan bahwa kasus penodaan pancasila oleh Rizieq Syihab yang dihentikan oleh Polda Jabar bisa dibuka kembali. Sebab, ujarnya, tidak ada batasan waktu untuk proses penyidikan.

“Tadi dengan adanya penerbitan SP3 masih tetap bisa dibuka, enggak ada batas waktu. Intinya seperti itu. Kalau nanti hakim menerima praperadilan kami, kasus dibuka lagi,” katanya.

Soal video tidak utuh yang dijadikan alasan Polda Jabar menerbitkan SP3, Dominica mengatakan penyidikan tak melulu mengandalkan video. Menurutnya, ada komponen lain yang bisa dilakukan oleh penyidik.

“Video bukan cuma satu-satunya alat bukti, tadi dijelaskan ada keterangan saksi kalau tadi video alat bukti, dan tugas penyidik yang mencari. Polisi sudah menetapkan tersangka, artinya bukti-bukti sudah cukup,” tandas Dominica.

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *