oleh

OSO Menang di MA, KPU Minta Pertimbangan MK

Sebarr.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyurat ke Mahkamah Konstitusi terkait putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan permohonan uji materil yang diajukan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) terkait PKPU Nomor 26/2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu DPD.

“KPU tentu saja mempertimbangkan untuk secara resmi bertemu dengan MK atau bersurat untuk meminta pertimbangan atas putusan MA,” ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018).

Selain itu, KPU akan membuat kajian terkait uji materiil OSO yang dikabulkan MA. Namun saat ini KPU belum menerima salinan putusan MA dan segera menggelar pleno.

READ  PKB: Kalau Didukung Ijtimak Ulama, Harusnya Prabowo Bisa Salat dengan Baik

“KPU akan mencoba membuat kajian terkait dengan putusan MA, karena dalam pandangn KPU, putusa MK tentang pokok yang diuji materi di MA itu sebenarnya kategorinya terang benderang,” kata Wahyu.

“Sampai hari ini KPU belum terima putusan Mahkamah Agung. Sikap KPU tentu saja akan menunggu dan memperlajari putusan MA. Kedua KPU akan bahas dalam rapat pleno terkait putusan MA tersebut,” tuturnya.

Uji materi terdaftar dengan nomor 65/P/HUM/2018 dengan KPU selaku pihak termohon. MA mengabulkan uji materi OSO pada tanggal 25 Oktober 2018 lalu.

Keputusan tersebut diketok majelis yang diketuai Hakim Agung Yulius dengan anggota Hakim Agung Is Sudaryono dan Supandi. Dengan demikian, KPU diminta mengembalikan OSO sebagai caleg DPD.

READ  Hanura Kubu 'Ambhara': Loyalis OSO Kutu Loncat

News Feed