oleh

Ini Sinyal SBY Dukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019

Sebarr.com, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin mengapresiasi sikap Partai Demokrat yang membebaskan kadernya menentukan pilihan pada pilpres 2019 mendatang.

“Tentu saja ini kami berikan apresiasi mengingat Pak SBY ini di dalam mengambil keputusan melalui pertimbangan yang matang. Dan ini juga menunjukkan bahwa dukungan kepada Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf secara tidak langsung itu juga sebenarnya telah diberikan,” kata Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/11/2018).

Menurut Hasto, adanya kebebasan tersebut berangkat dari hasil survei dan dukungan kepala daerah lintas partai yang menunjukkan kepemimpinan Jokowi dan Ma’ruf Amin dapat diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia. Hasto menilai pemberian kebebasan itu sebagai hal yang positif.

READ  Bertemu di RS, Ahok Minta Julianto Berhenti Mengganggu Vero

“Memang itu juga mengisyaratkan bahwa dari Partai Demokrat menyatakan bahwa dukungan terhadap Pak Prabowo yang secara formal sebelumnya diberikan pada saat pendaftaran di KPU ternyata sekarang mengalami perubahan. Tentu saja ini merupakan bagian dari dinamika politik yang buat kami, kami nilai sebagai hal yang positif,” paparnya.

Hasto menyebut dirinya berkomunikasi dengan Sekjen PAN dan Sekjen Demokrat serta menyampaikan hasil survei internalnya. Menurutnya, perpindahan pemilih terjadi antara Partai Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat.

“Maka hasil-hasil itu kami sampaikan. Dengan demikian, apa yang dilakukan oleh Pak SBY dan Partai Demokrat dengan memberikan kebebasan untuk memilih itu juga sejalan dengan survei kami bahwa memang irisan antara Partai Demokrat dengan Gerindra itu sangat kuat. kalau Gerindra naik, Demokrat turun. Dengan memberikan kebebasan tersebut, maka secara strategi elektoral untuk Partai Demokrat itu pas. Kira-kira seperti itu,” jelas Hasto.

READ  Pulang Kampung, Presiden Jokowi Bagi-bagi Sembako

“Karena itulah kebebasan itu juga kami nilai sebagai hal yang positif sesuai dengan realitas bahwa elektabilitas Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia. Jadi trennya yang di sana masih suram, kira-kira seperti itulah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan, berdasarkan survei internal partai, mayoritas memilih Prabowo-Sandiaga. Namun dia juga tidak menutup mata bahwa ada kadernya yang mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kita sudah sangat mengetahui, survei internal Partai Demokrat menyatakan memang mayoritas memilih Pak Prabowo, tetapi ada juga yang sesuai dengan kultural kewilayahan itu memilih Pak Jokowi,” ujar Ibas di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (11/11).

READ  Lagi, Giliran Tol Solo-Ngawi Siap Diresmikan Presiden Jokowi

“Sekarang kita tidak bisa melakukan punishment, kita hanya bisa menyerukan betul, tapi kalau memberikan punishment belum tentu. Hari ini apakah pemberitaan seratus persen didukung, kan gitu juga. Dan apakah di-punish, ya nggak,” sambungnya.

News Feed