oleh

Telak! KPK ‘Skak’ Prabowo Soal Korupsi RI Stadium 4

Sebarr.com, Jakarta – Ketua KPK Agus Rahardjo membantah keras pernyataan Prabowo terkait korupsi di Indonesia sudah dilevel stadium 4.

Agus kemudian membandingkan kondisi Indonesia selepas Orde Baru (Orba).

Saat Orba menurut Agus indeks persepsi korupsi Indonesia paling buruk se-Asean. Untuk saat ini, Agus menyebut angka itu semakin baik.

“Kalau kita compare bandingkan dengan yang ditinggalkan zaman orde baru, ini data rilis oleh Transparency International, kalau tahun 1999 itu relatif ditinggalkan Orde Baru itu indeks (persepsi) korupsi kita skor 17. Secara pelan-pelan naik, pelannya itu kita masih prihatin karena mesti cepat kalau semua sadar,” ujar Agus sela-sela acara Festival Lagu Suara Anti-Korupsi di Plaza Festival, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (30/11/2018).

READ  Menteri Rini Rombak Dewan Komisaris Bio Farma, Isi Susunannya

“Sekarang sudah 37 skor (Indeksi Persepsi Korupsi), kalau tahun 1999 kita Asean paling bawah jelek. Sekarang di Asean, di atas kita Singapura, Malaysia 51 skornya, kemudian Brunei (Darussalam). Jadi dulu Vietnam, Filipina di atas kita, sekarang sudah di bawah kita,” ucap Agus.

“Nah cuma kita semua harus bergerak agar semua berpartisipasi bergerak (memberantas korupsi), banyak yang harus diperbaiki. Jadi usulan UU salah satu yang ingin kita diperbaiki, tapi banyak hal yang ingin kita perbaiki,” imbuh Agus.

Prabowo sebelumnya menyebut Indonesia darurat korupsi karena masih banyak yang ditangkap KPK.

“Isu utama di Indonesia sekarang adalah maraknya korupsi, yang menurut saya sudah seperti kanker stadium 4,” ujar Prabowo dalam acara The World in 2019 Gala Dinner di Hotel Grand Hyatt Singapura, Selasa (27/11).

READ  Teddy Gusnaidi: Kritik Prabowo Bukan Untuk Jokowi, Tapi SBY

News Feed