oleh

Prabowo-Sandi Dijadwalkan Hadiri Reuni 212

Sebarr.com, Jakarta – Reuni aksi 212 dijadwalkan akan dihadiri pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Reuni 212 merupakan salah satu agenda prioritas keduanya.

“Insyaallah Pak Prabowo dan Bang Sandi akan hadir. Jadi memang ada agenda keduanya, tapi tim Pak Prabowo dan Bang Sandi lagi diatur-atur geser-geser jadwal hari ini,” ujar Jubir Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Andre Rosiade seperti dilansir detikcom, Sabtu (1/12/2018).

Berbeda dari Prabowo-Sandi, pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin tidak menghadiri reuni 212. Namun belum diketahui agenda Jokowi dan Ma’ruf hari ini.

“Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf tidak hadir di reuni 212 besok,” ujar Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Usman Kansong, Sabtu (1/12).

Usman menambahkan, KH. Ma’ruf sempat mengimbau tidak perlu digelarnya reuni aksi 212. Ma’ruf juga tidak menghadiri reuni edisi pertama tahun lalu.

Sementara Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau reuni 212 murni diisi kegiatan doa dan berzikir demi keselamatan bangsa. MUI meminta reuni bebas dari kegiatan politik dan kampanye.

“Sebaiknya kegiatan tersebut murni gerakan moral yang diisi dengan kegiatan berdoa dan berzikir untuk keselamatan bangsa dan negara. Umat dan bangsa merindukan kedamaian dan kesejukan dalam memasuki bulan politik sekarang ini,” ujar Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi, Minggu (2/12/2018).

Secara pribadi, Zainut khawatir jika reuni 212 mulai bergeser pada kepentingan politik praktis. Jika benar demikian, maka reuni 212 disebutnya kontraproduktif.

“Saya khawatir kalau tujuan suci 212 itu sudah mulai bergeser untuk kepentingan politik praktis dan hanya untuk memenuhi hasrat ambisi kekuasaan pasangan calon tertentu. Kalau hal itu terjadi maka tema utama dari reuni 212 untuk persatuan dan kesatuan umat Islam itu kontraproduktif karena justru akan membuat umat semakin terpecah belah,” paparnya.

Reuni 212 akan digelar hari ini hingga pukul 12.00 WIB. Reuni terpusat di Monas.

Facebook Comments