oleh

Korban Selamat dari Penembakan KKB Bukan Pekerja Istaka Karya

Sebarr.com, Jayapura – Empat orang yang selamat dalam penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Yigi dan Distrik Nirkuri, Kabupaten Nduga, Papua, pada 1 Desember 2018, ternyata bukan karyawan PT Istaka Karya.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes A.M Kamal menjelaskan, keempat korban yang selamat merupakan buruh bangunan pekerjaan perumahan di Distrik Nirkuri terdiri dari 3 orang, yakni Paulus Rizal Malaga (30), Petrus Masamba (26), dan Stevanus Hubi (14). Satu lagi, seorang pekerja perumahan di Distrik Yigi, yakni Martinus (25). Keempatnya, pada Kamis 6 Desember sekira pukul 16.00 WIT berhasil dievakuasi ke Wamena.

Kamal menjelaskan, keempat pekerja tersebut berhasil menyelamatkan diri dari maut KKB setelah berjalan kaki 3 hari untuk sampai di Mbua.

“Mereka bermalam di rumah warga, dan pada Rabu 5 Desember mereka bertemu dengan TNI Polri, dan Kamis-nya dievakuasi dari Mbua, Kabupaten Nduga ke Wamena,” jelas Kamal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/12/2018).

Proses evakuasi keempatnya dilakukan melalui darat dan dikawal oleh anggota Polri ke Wamena Kabupaten Jayawijaya. Evakuasi dipimpin langsung Karo Ops Polda Papua Kombes Gatot Haribowo yang didampingi Kabag Ops Polres Jayawijaya AKP R.L. Tahapary bersama anggota Brimob dan Polres Jayawijaya.

“Tim evakuasi bersama keempat korban selamat tiba di Wamena pada pukul 24.00 WIT, dan saat ini keempat masih dilakukan pendataan oleh Sat Reskrim Polres Jayawijaya,” tegasnya.

Berdasarkan informasi pihak Tim Gabungan, saat ini tercatat 24 orang selamat, dan sudah dievakuasi ke Timika, masing-masing 7 orang karyawan Istaka Karya, 12 pekerja bangunan, 1 pekerja tower Telkomsel dan 4 orang masyarakat.

Sementara, dari jumlah 28 orang yang terdata sebagai pekerja PT Istaka Karya, 7 orang dipastikan selamat, 9 orang dipastikan meninggal Dunia, 7 orang belum teridentifikasi, dan 5 orang belum ditemukan.

Facebook Comments

News Feed