oleh

Siapakah Desainer Kostum ‘Old Style’ Pramugari Garuda?

Sebarr.com, Jakarta – Ada yang berbeda dari penerbangan maskapai Garuda Indonesia. Sebab, mulai hari ini hingga 17 Desember 2018, para pramugari maskapai tersebut mengenakan kostum ‘old style’ untuk mengajak para penumpangnya napak tilas ke periode 1970-an.

Dengan tema “Garuda Indonesia Vintage Flight Experience”, beberapa rute penerbangan lokal Garuda menyajikan suasana 70-an. Mulai dari livery pesawat, seragam kru kabin, hingga makanan, mengingatkan kita pada operasional Garuda zaman klasik dulu.

Paling menarik perhatian adalah seragam para pramugarinya. Tampilannya sangat ceria, khas dandanan perempuan 70-an yang hobi kenakan terusan atau rok.

Garuda memilih seragam terusan dengan dua pilihan warna terang, atas kuning dan bawah berwarna oranye. Seragam dilengkapi dengan topi bundar berpita berwarna senada, dasar topi oranye dan pita kuning.

READ  Bukan Cuma Ahok, Burung Gelatik Juga Bisa Menceraikan Pasangan Hidupnya

Tampilan para pramugari juga makin anggun dengan balutan scarf bercorak dan warna oranye.

VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk M. Ikhsan Rosan menjelaskan muasal seragam klasik itu. “Seragam klasik ciptaan perancang terkenal dari Jepang Hanae Mori yang digunakan pada era tersebut,” ujarnya, Jumat (7/12/2018).

Siapakah Hanae Mori?

Nama Hanae Mori sendiri di Jepang bisa dibilang masuk dalam designer legendaris negeri Sakura. Lahir pada tahun 1926, saat ini ia sudah menginjak usia 92 tahun.

Kecintaannya pada dunia fesyen sudah ada dari dulu. Sejak perang dunia II berlangsung, ia mulai menjahitkan baju-baju untuk para tentara AS yang berperang. Kemudian, dia menikahi putra pengusaha tekstil, dan mengembangkan bakatnya.

READ  PROJO NTB Ciptakan Lagu Untuk Jokowi

Hingga periode 1960-an karya-karyanya hadir di ratusan film Jepang, hingga akhirnya dia hijrah ke Paris dan mengunjungi Choco Chanel. Lalu, ia melahirkan rancangannya yang bertajuk ‘butterflies’ yang mencuri perhatian majalah Vogue dan jadi sorotan tren dunia.

Sentuhan karya Mori juga dikenakan oleh pramugari maskapai Jepang. Ia juga terkenal untuk rancangan gaun-gaun di panggung opera Perancis hingga gaun pernikahan Puteri Jepang, Masako.

News Feed