oleh

Bawaslu DKI Ingatkan Anies Ambil Cuti Kalau Kampanye

Sebarr.com, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta mengingatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk mematuhi aturan yang berlaku untuk kepala daerah bila ingin ikut kampanye. Hal itu terkait dengan salam dua jari yang diacungkan Anies saat menghadiri Konferensi Nasional Partai Gerindra, Senin (17/12/2018) kemarin, saat jam kerja.

“Kami hanya ingin menyampaikan kepada kepala daerah, bila ingin melakukan kampanye maka harus mengajukan cuti,” kata Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri, Selasa (18/12/2018).

Aturan yang berlaku, kata Jufri, memang mengharuskan seorang kepala daerah untuk cuti apabila ingin ikut kampanye.

“Mengajukan cuti ke Kemendagri, kemudian tembusan suratnya disampaikan ke KPU dan Bawaslu, supaya kami tahu gubernurnya dalam keadaan cuti,” tutur Jufri.

Pasal 281 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur mekanisme aturan kampanye bagi kepala daerah, yakni harus menjalankan cuti di luar tanggungan negara.

Selain itu, Pasal 36 dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengunduran Diri dalam Pencalonan Anggota DPR, Anggota DPRD, Anggota DPD, Presiden, dan Wakil Presiden, Permintaan Izin dalam Pencalonan Presiden dan Wapres, serta Cuti dalam Kampanye Pemilu. Di situ diatur cuti satu hari kerja dalam satu pekan pada masa kampanye Pemilu.

Facebook Comments