oleh

Kader Surya Paloh: Pernyataan Amien Rais Kasar, Wajar Pendiri Partai Keberatan

Sebarr.com, Jakarta – Wajar jika sejumlah pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) gerah terhadap ulah Amien Rais selama ini. Pasalnya banyak statement-nya yang dianggap terlalu keras.

Hal itu diungkapkan Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Irma Suryani Chaniago sebagaimana dilansir Jawapos, Kamis (27/12/2018).

“Jadi wajar saja jika para pendiri partai keberatan, karena statement-stetment yang disampaikan sangat kasar, dan tidak konstruktif jauh dari nilai dan norma sebagai partai agama‎‎,” ujar Irma.

Menurut Anggota Komisi IX DPR ini juga mengatakan, partai politik sejatinya adalah milik rakyat. Sehingga tidak bisa dikuasai untuk kepentingan pribadi. Apalagi untuk menguntungkan diri sendiri.

“Para pengurus hanya mengelola saja, jadi sebaiknya memang tidak boleh untuk kepentingan pribadi dan sebatas menguntungkan diri sendiri,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai terus berpolemik. Karena partai berlogo matahari ini telah keluar dari jalur politiknya.

Untuk itu, lima pendiri PAN seperti Abdillah Toha, Hlbert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty dan Zumrotin‎ meminta Amien Rais mundur PAN.

‎”Barangkali sudah saatnya Saudara mengundurkan diri dari kiprah politik praktis sehari-hari,” ujar Goenawan Mohammad dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Rabu (26/12).

Selanjutnya, dilanjutkan Goenawan, Amien rais sebaiknya menyerahkan PAN sepenuhnya ke tangan generasi penerus, dan menempatkan diri sebagai penjaga moral dan keadaban bangsa.

“Serta memberikan arah jangka panjang bagi kesejahteraan dan kemajuan negeri kita,” katanya.

Sementara, pendiri PAN lainnya, Albert Hasibuan menambahkan‎ Amien Rais semakin lama cenderung eksklusif, tidak menumbuhkan kerukunan bangsa dalam berbagai pernyataan dan sikap politik.

“Amien sebagai tokoh reformasi yang ikut berperan dalam mengakhiri kekuasaan Orde Baru, telah bersimpati, mendukung, dan bergabung dengan politisi yang beraspirasi mengembalikan kekuatan orde baru ke kancah politik Indonesia,” ungkapnya.

‎”Saudara telah menjadikan agama sebagai alat politik untuk mencapai tujuan meraih kekuasaan,” tambahnya.

Facebook Comments