oleh

Ini Alasan KPU Tolak Berkas Revisi Visi-Misi Prabowo-Sandi

Sebarr.com, Jakarta – KPU RI menjelaskan alasan penolakan pengajuan perubahan visi dan misi pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Menurut KPU, visi-misi paslon pilpres termasuk dalam bagian dokumen yang tak terpisahkan pada proses pendaftaran capres-cawapres.

“Tentu saja menjadi tidak diperbolehkan. Dasarnya mengapa tidak boleh adalah, dokumen program visi-misi itu kan bagian tidak terpisahkan dari dokumen pencalonan capres-cawapres,” kata Pramono di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

Namun Pramono menjelaskan visi-misi yang tidak bisa diubah sama sekali ialah dokumen fisiknya. Dengan kata lain, KPU memperbolehkan capres-cawapres mengubah visi-misi mereka dalam bentuk gagasan, namun tidak dengan dokumen yang sudah diterima KPU RI sedari awal pendaftaran.

KPU RI tetap akan mempergunakan visi-misi paslon 02 yang telah diterima secara resmi sejak awal.

“Dalam bentuk komunikasi politik dalam tata ilmu, gagasan-gagasan, ide-ide baru itu ya dipersilahkan dikomunikasikan kepada masyarakat, karena itu hak pasangan calon,” jelasnya.

Atas hal itu, surat penyerahan revisi visi-misi yang diterima secara resmi oleh KPU RI pada 9 Januari kemarin, pihak KPU juga telah menyampaikan surat balasannya ke kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dengan menjelaskan bahwa dokumen visi-misi hanya diterima ketika tahap penyerahan berkas pencalonan, yang mana tahapan tersebut telah selesai.

Selain itu, KPU juga sudah mempublikasikan lewat website resminya yang mencantumkan visi-misi masing-masing paslon, juga alat peraga sosialisasi kepada masyarakat luas.

“Itu kan bagian yang tak terpisahkan dari dokumen pencalonan capres-cawapres. Tahapan pencalonan capres-cawapres itukan sudah berlalu dan dokumen terdahulu itu sudah kita publikasikan melalui website KPU juga alat praga sosialisasi yang lain kepada masyarakat luas untuk diketahui,” kata Komisioner KPU lainnya, Wahyu Setiawan.

Facebook Comments

News Feed