oleh

Terkuak! Ini Alasan Kondom Jarang Dipakai Saat ‘Tempur’

-Showbiz-758 views

Sebarr.com, Jakarta – Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling mudah didapatkan. Benda ini juga paling mudah digunakan. Tapi, apakah Anda sadar masih banyak orang yang enggan menggunakan kondom saat bercinta? Tahukah Anda apa alasannya?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa kondom merupakan alat kontrasepsi paling sederhana dalam mengurangi infeksi HIV di seluruh dunia.

Namun, fakta menjelaskan, hanya 65 persen pria yang menggunakan kondom secara konsisten menurut survei oleh Centers for Disease Control and Prevention. Sementara itu, lebih dari 20 persen laki-laki HIV-negatif yang berhubungan seks dengan laki-laki (LSL) bersedia mempertaruhkan diri dengan melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Angka statistik perempuan tidak lebih baik dari ini. Dari perempuan yang melakukan seks anal berisiko tinggi tanpa kondom, hanya 11 persen yang melaporkan pernah menggunakan kondom. Lebih buruk lagi, wanita secara keseluruhan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan kondom dibandingkan dengan pria heteroseksual mereka.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ketidaktahuan, sikap apatis, dan tidak bertanggung jawab mungkin merupakan respons sederhana, tetapi itu penilaian yang terlalu sederhana untuk apa yang sebenarnya merupakan masalah psikososial yang sangat kompleks.

Sebenarnya, ada sejumlah alasan terjadinya penurunan penggunaan kondom di kalangan orang dewasa dan orang muda. H