oleh

Andi Widjajanto Ungkap Alasannya Gunakan ‘Hashtag Kuntilanak’ Bagi Pendukung Prabowo-Sandi

Sebarr.com, Jakarta – Mantan Sekretaris Kabinet (Seskab) Presiden Joko Widodo (Jokowi), Andi Widjajanto, mengungkap, alasannya menyebut tim media sosial (medsos) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Twitter dengan hashtag kuntilanak.

“Tim medsos Prabowo-Sandiaga itu mulai beraksi di Twitter pukul 02.00 WIB. Hashtag atau tagar yang dibuat tim medsos Prabowo-Sandiaga itu-pun hashtag primer. Misalnya, hashtag 2019 ganti presiden, hashtag prabowo sandi, cenderung mainnya hashtag primer,” kata Andi setelah memberikan pembekalan kepada relawan Jokowi-Ma’ruf di Niaga Tower, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Menurut Andi, cara kerja tim medsos Prabowo-Sandiaga terbilang unik. Sebab, tim medsos pasangan yang diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Partai Demokrat itu mulai aktif di Twitter saat dini hari.

“Satu fenomena unik dari mereka, mereka main hashtag tengah malam. Jadi mulai pukul 2 pagi, netizen kan tidur semua. Nah, mereka bangun tuh pukul 2 pagi. Pasukannya disuruh bangun, atau mesin yang posting otomatis gitu ya. Mereka masuk tengah malam,” jelas Andi.

Karena itulah Andi menyebut tim medsos Prabowo-Sandiaga sebagai ‘hashtag kuntilanak’. Dengan cara kerja seperti itu, sambung Andi, ketika netizen membuka Twitter pada pagi hari, yang menjadi trending topic adalah hashtag buatan tim Prabowo-Sandiaga.

“Jadi nanti kita bangun pukul 6 pagi, mereka sudah trending, itu yang kita sebut hashtag kuntilanak. Tiba-tiba pukul 6 pagi kita bangun sudah ada hashtag dari mereka, hashtag kuntilanak,” papar Andi.

Andi menyebut tim medsos Jokowi-Ma’ruf bisa saja menerapkan cara kerja yang sama. Namun, menurutnya, cara kerja seperti tim Prabowo-Sandiaga tidak efektif.

“Kalau kita mau main seperti itu, bisa-bisa saja. Kepikirannya, ngapain ya main hashtag pukul 2 pagi? Yang ngeliat siapa ya? Tapi itu mungkin untuk memenuhi KPI (key performance indicators) gitu ya. Dari user-nya pukul 6 pagi harus sudah ada trending topic,” tandas Andi.

Facebook Comments