oleh

Gunung Merapi Alami 41 Kali Gempa

Sebarr.com, Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian ESDM mencatat, Gunung Merapi yang berada di Jawa Tengah dan Yogyakarta telah mengalami 41 kali gempa.

Berdasarkan informasi dari situs resmi PVMBG, Gunung Merapi yang berada 2.968 meter di atas permukaan laut itu mengalami erupsi tidak menerus. Dari kemarin hingga Selasa (5/2/2019) pagi ini, visual Gunung Merapi yang kini berstatus Waspada (Level II) itu tampak terlihat jelas hingga tertutup kabut.

“Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur laut dan barat. Asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi sekitar 30 meter dari puncak,” demikian informasi dari situs PVMBG.

Selain itu, berdasarkan rekaman seismograf pada 4 Februari 2019, Gunung Merapi tercapat mengalami 41 kali gempa. Rinciannya, gunung api aktif itu mengalami 36 kali gempa guguran, 2 kali gempa dengan low frequency, 1 kali gempa hembusan, 1 kali gempa hybrid, dan 1 kali gempa vulkanik dangkal.

(Baca Juga : Gunung Merapi Lontarkan Lava Pijar 4 Kali ke Arah Kali Gendol)

Dengan aktivitas Gunung Merapi itu, masyarakat direkomendasikan untuk menjauh dalam radius 3 km dari puncak gunung. Selain itu, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpancing dengan informasi mengenai erupsi Gunung Merapi dari sumber yang tidak jelas.

“Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat,” katanya.

Facebook Comments

News Feed