oleh

TKN: Deklarasi Alumni Universitas dan SMA Merupakan Kebangkitan Kaum Intelektual Melawan Hoaks

Sebarr.com, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengapresiasi deklarasi alumni Universitas dan alumni Sekolah Menengah Atas Jakarta untuk pasangan capres nomor urut satu Jokowi-Ma’ruf Amin. TKN Jokowi-Ma’ruf menganggap dukungan itu merupakan wujud arus politik baru Indonesia.

“Kalau hadir saat acara gerakan deklarasi para alumni, kita merasakan munculnya fenomena arus baru politik Indonesia,” kata juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan dalam keterangan tertulis, Senin (11/2/2019).

Menurut Ace, dukungan dari kelompok berpendidikan ini memiliki arti khusus. Sebab, selama ini mereka dinilai kerap diam soal pilihan politik.

“Mengapa mereka akhirnya bangkit mengambil posisi? Karena mereka muak dengan cara berpolitik menebar hoax, membangun kecemasan dan menakut-nakuti publik. Mereka muak dengan cara berpolitik seperti itu,” ujarnya.

“Para alumni ini adalah kelompok kritis yang tidak mudah untuk dirayu dengan sandiwara dan juga tidak takut dengan model propaganda ala firehose falsehood. Mereka bergerak melawan propaganda seperti itu. Mereka jelas tahu mana fakta dan mana fiksi,” lanjut Ace.

Ace menilai kelompok ini sudah gerah dengan situasi politik jelang Pilpres 2019. Menurut dia, mereka tak akan tinggal diam melihat Jokowi berjuang sendirian.

“Mereka tak bisa membia