oleh

Gempa Akibat Aktivitas Gunung Merapi Sampai 78 Kali Dalam Sehari

Sebarr.com, Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Becana Geologi (PVMBG) mencatat, Gunung Merapi sudah diguncang gempa 78 kali pada 11 Februari 2019. Gunung yang berada di Yogyakarta, Jawa Tengah itu kini berstatus waspada atau level II.

PVMBG pada Selasa (12/2/2019), mengungkap seismograf di gunung tersebut mencatat 50 kali gempa guguran,16 kali gempa hybrid, 5 kali gempa hembusan, 4 kali gempa frekuensi rendah, 2 kali gempa tektonik jauh, dan 1 kali gempa awan panas guguran.

Hingga pagi ini, gunung tersebut masih tertutup kabut. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat dan timur laut. Asap kawah utama tidak teramati dari puncak. Selain itu, teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 400 meter ke arah tenggara.

PVMBG melarang kegiatan pendakian Gunung Merapi, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Aktivitas penduduk juga harus dikosongkan dalam radius 3 kilometer.

“Masyarakat yang tinggal di KRB III mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi. Jika terjadi perubahan aktivitas Gunung Merapi yang signifikan maka status aktivitas Gunung Merapi akan segara ditinjau kembali,” tulis PVMBG.

Facebook Comments