oleh

Bamsoet Minta Komisi III DPR Bentuk Dewan Pengawas Pemberantasan Terorisme

Sebarr.com, Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi III DPR-RI segera membentuk Dewan Pengawas terkait pemberantasan terorisme menyusul peristiwa ledakan bom di Sibolga, Sumatera Utara.

“Mendorong Komisi III DPR untuk segera membentuk Dewan Pengawas untuk melakukan pengawasan dalam upaya pemberantasan terorisme, sebagai amanat dari Undang-undang Antiterorisme,” ujar pria yang karib disapa Bamsoet itu dalam keterangan tertulis, Kamis (14/3/2019).

Bamsoet juga mendorong kepolisian mengusut tuntas dan melakukan pendalaman terhadap jaringan teroris terkait. Ia meminta polisi menindak tegas pihak-pihak yang terbukti melakukan pelanggaran.

Selain itu, dia mendorong TNI bersatu membantu Polri dalam menumpas jaringan terorisme. “Serta mendorong Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk terus berkoordinasi dalam mengantisipasi pergerakan terorisme,” tutur Bamsoet.

Bamsoet juga mengingatkan Kopssusgab TNI, seperti Sat-81 Gultor Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, dan Satbravo 90 Korphaskas TNI AU, BIN, BSSN, dan Intelijen Kepolisian untuk terus meningkatkan kinerja dan kewaspadaan. Apalagi, lanjut dia, Pemilu 2019 sudah di depan mata.

“Dengan mengantisipasi, mencegah serta menanggulangi pergerakan terorisme, terutama menjaga stabilitas keamanan jelang Pemilu 2019, mengingat saat ini pergerakan terorisme bersifat sporadis,” tegasnya.

Sebelumnya, polisi meledakkan (disposal) benda diduga bom milik terduga teroris di Sibolga. Ada dua lokasi yang didatangi polisi pasca-penangkapan terduga teroris Husain alias Abu Hamzah dan dua orang lainnya.

“Sekitar pukul 08.00-09.00 WIB, ada benda-benda yang diduga bom dilakukan penetrasi dan dijinakkan dengan cara diledakkan oleh tim Gegana Brimob,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (13/3).

Facebook Comments

News Feed