oleh

Ekonom Indef: Program OKE OCE Bermasalah, Program Kurang Jitu

Sebarr.com, Jakarta – Peneliti Indef, Ahmad Heri Firdaus mengungkapkan, program Oke Oce milik pasangan 02, Prabowo-Sandi belum mampu menekan pengangguran, menyerap banyak tenaga kerja dan membuka lapangan kerja.

Oke Oce, kata dia, belum tepat jika diterapkan secara nasional. Alasannya, implementasi program ini di lapangan masih banyak menemui masalah.

“Oke Oce merupakan inisiasi yang cukup baik, namun implementasinya di lapangan yang justru menimbulkan masalah. Iya implementasinya di lapangan banyak masalah, sehingga program ini jadi kurang jitu,” ujarnya kepada media, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Heri mengatakan, sejumlah permasalahan Oke Oce antara lain penggunaan tehnologi oleh masyarakat yang belum sempurna. Padahal Oke Oce mengandalkan teknologi dalam penerapannya.

“Masalah seperti masih gapteknya para peserta. Kan semua calon peserta harus register via email, di tahap ini saja sudah banyak kendala, banyak yang tidak bisa register, sehingga perlu dibantu, kemudian dari segi persyaratan lain, banyak yang belum bisa memenuhi,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Heri, program ini masih perlu dimatangkan secara regional di DKI Jakarta. Kemudian harus dievaluasi langkah apa yang diperlukan agar semakin banyak dipahami oleh masyarakat. “Harusnya ada evaluasi dulu di level DKI, sebelum program ini dinaikkan ke level pusat,” tandasnya. (mdk)

Facebook Comments

News Feed