oleh

IPB Tegaskan Survei FEM Bukan Survei Institusi

Sebarr.com, Jakarta – Pihak Institut Pertanian Bogor (IPB) menanggapi rilis survei pilpres 2019 yang mengatasnamakan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB. IPB menegaskan survei yang dilakukan dosen FEM IPB, Jono Munandar tersebut bukan merupakan survei yang mewakili institusi kampus.

“Survei tersebut bukan merupakan survei institusi FEM IPB, tetapi riset pribadi staf Departemen Manajemen FEM IPB, Sdr. Dr. Jono Munandar, Yang merupakan dosen di Departemen Manajemen FEMIPB,” kata Nunung Nuryantono dalam rilis yang diterima, Jum’at (12/4/2019).

Dalam rilis tersebut juga dikatakan bahwa, dalam masyarakat ilmiah adalah suatu hal yang wajar bila individu berinisiasi melakukan penelitian, sepanjang dilakukan dengan menggunakan metode yang relevan dan peneliti bertanggungjawab penuh atas metode dan hasil penelitiannya.

“Survei Elektabilitas dan Orientasi Pertanian Capres pada Pemilu 2019, yang dilakukan oleh sdr. Dr Jono Munandar, oleh karenanya segala sesuatunya menjadi tanggung jawab penuh atas hasil survey yang telah dilakukannya,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, dosen dan mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB), merilis hasil survei yang dilakukan pada 19 Maret-9 April 2019.

Survei tersebut dilakukan kepada dosen dan para mahasiswa IPB. Survei terkait Pilpres 2019 ini diketuai oleh Ketua Tim Peneliti, Jono M Munandar.

Dalam hasil survei yang diambil dari 816 orang tersebut menunjukkan Prabowo-Sandi mencapai 48,8%, sedangkan Jokowi-Ma’ruf hanya 41,8%, dan undecided voters 9,4%.

“Ini survei independen, bahan studi kita di kampus oleh dosen dan mahasiswa. Bukan IPB sebagai lembaga ya,” kata dia, Jumat (12/5/2019).

Facebook Comments

News Feed