oleh

Real Count PDIP: Jokowi Unggul 58 Persen, Prabowo 42 Persen

-Nasional-152 views

Sebarr.com, Jakarta – Paslon 01 Joko Widodo – Maruf Amin unggul sementara dari paslon 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno dalam survei internal mereka di Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN).

Wakil Kepala Bidang IT dan Perhitungan Suara BSPN, Dimas Dendang memaparkan berdasarkan alat Sistem Saksi dan Tata Laksana Arsip, Penugasan, Monitoring dan Evaluasi (Sista Gasmonev). Per Senin (22/4/2019) 13.40 WIB, dari 17,40 persen progres sementara paslon 01 Joko Widodo – Maruf Amin meraih 58 persen suara dan paslon 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno meraih 42 persen.

“Real count kami sekarang sudah menampung total 25 juta suara atau rinciannya 25.266.331 suara,” kata Dimas di Kantor BSPN PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Dimas mengklaim proses penghitungan suara yang dilakukan oleh BSPN bisa dipertanggung jawabkan dan tidak beda jauh dengan cara kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia menyebut ada sistem deteksi dini jika terjadi human error.

“Ada sistem deteksi dini dan analisas untuk cek kejanggalan, kami kontak ke daerahnya langsung. Apa salah input dan sebagainya. Kami cek berulang. Data ini sudah tervalidasi dan akurat,” jelasnya.

Ketua BSPN, Arif Wibowo menjelaskan tim BSPN terdiri dari sekitar 300 ribu mahasiswa dan beberapa relawan yang bekerja dalam dua shift.

“Melibatkan mahasiswa yang sikap politiknya sejalan dengan 01. Hitungnya gampang, kalau PC ada 154 ribuan maka jumlah sdmnya 300an ribu, kerja 24 jam dengan dua shift,” ungkap Arif.

Dalam kesempatan ini, BSPN juga memperlihatkan ruang kerja mereka dalam melakukan rekapitulasi surat suara yang pusatnya terletak di Kantor DPP PDIP Gedung B Lantai 4, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. (sua)

Facebook Comments