oleh

Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Pesta Kesenian Bali

Sebarr.com, Jakarta – Presiden Jokowi dijadwalkan hadir dalam pergelaran seni budaya bertajuk Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41.

Pesta kesenian akbar yang dimeriahkan seniman asli Bali hingga mancanegara tersebut akan dibuka oleh Presiden Jokowi.

“Beliau (Jokowi,-red) sampai saat ini terjadwal untuk melepas pawai dan membuka Pesta Kesenian Bali di acara. Kalau dulu kan pawai saja, sekarang dua-duanya,” kata Koster saat jumpa pers di gedung Wiswa Sabha Utama di Jl Basuki Rahmat, Denpasar, Bali, Senin (10/6/2019).

Koster mengatakan Jokowi akan melepas pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) pada Sabtu (15/6) pukul 14.00 WITa. Jokowi kemudian akan membuka Pesta Kesenian Bali di gedung Ardha Candra Taman Budaya Bali pada malam harinya pukul 20.00 WITa.

“Beliau akan hadir bersama keluarga istri, anak, dan cucu beliau akan hadir tanggal 15 (Juni) dan baru balik tanggal 16 (Juni) bahkan saya dengar Ibu Negara Iriana akan mengajak istri para menteri pada 15 jadi makin banyak (tamu yang hadir),” tutur Koster.

Pesta Kesenian Bali itu bakal digelar pada 15 Juni-13 Juli 2019. Tema yang akan diusung yaitu Bayu Pramana: Memuliakan Sumber Daya Angin.

“Ada pawai, parade, sarasehan, workshop ini medium penyelenggaraannya dirancang mulai tanggal 15 Juni-13 Juli,” ujar Koster.

Pesta kesenian akbar itu bakal diikuti 11 seniman mancanegara yaitu Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea dan lainnya. Koster mengatakan dekorasi PKB ke-41 ini dirancang bebas bahan plastik sekali pakai dan sterefoam atau lebih banyak menggunakan bahan-bahan alami seperti bambu, janur, aneka bunga.

Dekorasi PKB juga bakal difokuskan pada penggunaan warna: hitam, putih, dan merah (warna Tridatu). Koster mengatakan stan pesta kesenian ini bakal digratiskan dan bakal bermuatan kearifan lokal.

“Kalau dulu dikenakan biaya sewa start tahun ini tidak lagi dikenakan sewa stan, dulu ada sewa juta Rp 5-6 juta sekarang tak lagi dikenakan biaya sewa karena saya ingin betul-betul wahana ini namanya juga pesta jadi peserta yang ikut betul-betul menjalankan aktifitas dengan sukacita kegembiraannya tidak ada beban,” katanya.

Pameran PKB tahun ini bakal diikuti oleh 304 peserta dan 4 ribu seniman dari berbagai daerah. Peserta pawai terdiri dari Kontingen ISI Denpasar, SMKN 3 Sukawati, Gianyar, partisipan luar daerah/luar negeri dan kontingen dari 9 kabupaten/kota se-Bali.

Facebook Comments