oleh

Ibu Kota Pindah, James Bastian Tuwo: Kaltim Jadi Kebanggaan Indonesia Seutuhnya

Sebarr.com, Jakarta – Pemilihan lokasi untuk Ibu Kota negara yang baru sudah hampir rampung. Bahkan, lokasi kota pengganti Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta tersebut akan diumumkan tahun ini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. “Pengumumannya (Ibu Kota negara baru) oleh Presiden tahun ini,” kata Bambang di Gedung Bappenas, Rabu (10/7/2019).

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPN Gercin) wilayah Indonesia Timur James Bastian Tuwo SH sangat mengapresiasi rencana tersebut.

“Saya sangat setuju sekali dengan apa yang direncanakan oleh bapak presiden kita Jokowi. Bahwa Kalimantan Timur berpotensi menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia,” kata James Tuwo di Jakarta Jum’at (12/7/2019) malam.

Karena, kata James, sarana dan prasarana di Kalimantan Timur untuk menjadi Ibu Kota Negara sudah sangat memadai. “Tersedianya infrastruktur yang baik, jalan tol sudah bagus, airport dan pelabuhan juga sudah sangat baik,” tambahnya.

Selain itu, sambung James, yang menunjang Kalimatan Timur layak menjadi Ibu Kota Negara Indonesia adalah Sumber Daya Manusia (SDM) nya yang monoton yang istilahnya sudah banyak pendatang. Ada dari Jawa, Sumatera, Papua, Sulawesi dan lainnya. “Jadi istilahnya Indonesia sudah terwakili. Karena itu Kalimantan Timur sangat cocok jadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia,” katanya bersemangat.

Menurut lelaki berdarah Manado ini, ada beberapa keuntungan yang didapat jika Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara. “Pemerintah tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya karena sarana prasarana yang sudah tersedia. Studi kelayakan juga sudah membuktikan bahwa Kaltim sangat cocok. Dari sisi keamanan misalnya, Kaltim tidak rawan gempa dan tidak rawan banjir,” jelasnya.

“Kaltim akan menjadi kebanggaan Indonesia seutuhnya karena berada di tengah. Papua jarak tidak jauh, Aceh tidak jauh. Kemudian, Kaltim juga dekat dengan perbatasan negara lain seperti Malaysia, Singapur, Philipina dll. Jadi, jika dilihat dari berbagai faktor, Kaltim sudah sangat cocok untuk jadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia,” Tutup James Tuwo.

Sebelumnya telah diberitakan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemilihan lokasi untuk Ibu Kota negara yang baru sudah hampir rampung.

Lokasi Ibu Kota negara baru dipastikan akan berada di Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur menjadi dua kandidat terkuat pusat pemerintahan akan berada.

Mantan Menteri Keuangan itu menegaskan, pulau Kalimantan dipilih sebagai lokasi Ibu Kota negara baru untuk menciptakan pemerintahan bersifat Indonesia Sentris. Kalimantan yang berada tepat di tengah Indonesia, dinilai mampu merealisasikan hal tersebut.

Dengan terealisasinya sistem Indonesia Sentris diharapkan mampu mengurangi kesenjangan yang saat ini masih terjadi.

“Denyut ekonomi yang berada di Pulau Jawa menyebabkan Jawa padat dengan kegiatan ekonomi, dan menyebabkan ketimpangan dengan pulau selain pulau Jawa,” katanya.

Melihat peta sejarah bencana, Kalimantan merupakan wilayah yang paling aman dibandingkan pulau lainnya.

“Selain karena ketersediaan lahan luas, wilayah Kalimantan relatif bebas bencana,” ucap dia.

Facebook Comments