oleh

Putra Sultan Hamengku Buwono IX Wafat

Sebarr.com, Jakarta – Kelaurga besar Keraton Yogya berduka atas meninggalnya putra kedua Sultan Hamengku Buwono IX. GBPH Cakraningrat HB IX (RM Prasasto) meninggal pada Minggu (21/7) pukul 20.38 di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta Pusat.

Almarhum merupakan putra kedua dari istri ke-4 Raja Keraton Yogya Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Kanjeng Raden Ayu (KRA) Ciptamurti yang total memiliki enam putra/putri.

Informasi sementara yang dihimpun, almarhum diberangkatkan melalui jalan darat dari rumah duka di Jalan Prambanan, Menteng, Jakarta Pusat menuju Yogyakarta pukul 05.00 pagi tadi.

Setiba di Yogyakarta jenazah rencananya disemayamkan lebih dulu di Ndalem Prabukusuman, Alun-Alun Selatan, Yogyakarta. Setelahnya pukul 14.00, jenazah almarhum diberangkatkan ke Masjid Agung Kauman untuk disalatkan.

“Almarhum akan disemayamkan di Ndalem Prabukusuman. Rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Kotagede,” kata putra GBPH Prabukusumo, Raden Mas Harcanie Prabu Putra kepada wartawan, Senin (22/7/2019).

Harcanie menjelaskan, almarhum merupakan adik tiri dari ayahnya, GBPH Prabukusumo dan juga Raja Keraton Yogya saat ini, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Prabukusumo merupakan putra dari istri ke-3 Sultan HB IX, KRA Hastungkara. Sedangkan Sultan HB X merupakan putra istri ke-2 HB IX, Bendara Raden Ayu (BRA) Windyaningrum.

Facebook Comments