oleh

Bamsoet Gunakan Rumus ‘ABG’ Untuk Merangkul Purnawirawan TNI-Polri

Sebarr.com, Jakarta – Wakil Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menginginkan partainya sebagai rumah bagi purnawirawan TNI/Polri. Untuk mewujudkan keinginannya, Bamsoet akan menggunakan rumus ABG (ABRI, Birokrat, dan Golkar).

Bamsoet mengungkapkan, rumus ABG pernah menjadi kekuatan Presiden ke-2 RI Soeharto dalam mempertahankan Orde Baru. Namun, kali ini calon Ketum Golkar itu ingin menghadirkan ABG yang baru.

“ABG sebagai ‘ABRI’ yang diharapkan akan terisi dari purnawirawan TNI/Polri, ‘Birokrat’ yang merupakan pensiunan pejabat, serta ‘Golongan’ yang memayungi agamawan,” kata Bamsoet kepada wartawan di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Bamsoet mengatakan keinginannya itu lantaran melihat banyaknya purnawirawan yang bergabung dengan partai lain selain Golkar. Dia berharap para purnawirawan TNI/Polri dapat kembali bernaung ke Golkar.

“Di puncak manajemen partai, sekjen partai mulai pusat hingga tingkat provinsi (DPD I) dan Kabupaten/Kota (DPD II) harus dipegang oleh purnawirawan TNI/Polri agar jalur komando dan garis komando partai terkendali dalam satu komando,” ujarnya.

Sementara, terkait upayanya untuk merangkul berbagai golongan, Bamsoet berharap ormas-ormas yang berada di bawah naungan Golkar dapat mengambil peran itu. Ormas-ormas tersebut antara lain Majelis Dakwah Islamiyah, Alhidayah yang merupakan pengajian perempuan, serta Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia.

Dia berharap ormas-ormas tersebut dapat mendukung rumus ABG yang ingin diusungnya. Selain itu, Bamsoet juga berharap keterlibatan berbagai golongan itu dapat membuat Golkar menjadi partai nasionalis-religius.

“Kita bersyukur saat ini masih ada Partai Nasional Demokrat dan Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia yang nasionalisnya masih tinggi. Kita juga harus bergandengan tangan termasuk dengan Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Persatuan Pembangunan. Pilar ini harus kita jaga betul,” ujar Bambang.

Sebelumnya, Bamsoet mengatakan Partai Golkar didirikan oleh Purnawirawan TNI/Polri. Sehingga ia ingin menjadikan Golkar sebagi rumah bagi pendirinya.

“Partai ini didirikan oleh purnawirawan TNI/ Polri maka dia ke depan harus jadi rumah yang nyaman bagi pendirinya,” ujar Bamsoet di The Sultan Hotel, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).

Facebook Comments