oleh

Gibran-Kaesang Masuk Bursa Cawalkot Solo, Jokowi: Tanya Aja Langsung

Sebarr.com, Jakarta – Dua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, dimasukkan dalam survei calon wali kota Solo. Apa komentar sang ayah?

“Ya tadi malam saya baca hasil surveinya. Saya senang saja,” kata Jokowi sebelum bertemu dengan Koalisi Indonesia Kerja di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).

Meski demikian, Jokowi menegaskan putra-putranya adalah pribadi mandiri. Jokowi selalu mendukung langkah anak-anaknya. Soal kemungkinan putranya maju di Pilwalkot Solo 2020, Jokowi menyarankan ditanya ke Gibran dan Kaesang langsung.

“Nggak tahu saya, tanya saja ke anaknya langsung. Orang tua itu bisanya hanya itu (mendukung, red), kalau sudah diputuskan anak-anak, apapun, jualan pisang saya dukung, jualan martabak saya dukung,” ujar mantan wali kota Solo ini.

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta merilis hasil survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025. Gibran dan Kaesang dimasukkan ke bursa.

Ketua Lab Kebijakan Unisri Surakarta, Suwardi, mengatakan survei dilakukan terkait tiga hal, yaitu popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas tokoh. Ada 766 responden yang dilibatkan dalam survei.

Dalam hal popularitas, nama Gibran dan Wakil Wali Kota Surakarta saat ini, Achmad Purnomo mendapatkan angka tertinggi dengan 90 responden. Sedangkan Kaesang berada di peringkat ketiga dengan 86 responden.

Sedangkan dalam hal akseptabilitas, Achmad Purnomo mendapatkan angka tertinggi dengan 83 responden. Kemudian disusul Gibran, Ketua DPRD Surakarta saat ini, Teguh Prakosa, dan Kaesang.

Kemudian dalam hal elektabilitas, Achmad Purnomo menjadi tokoh dengan pemilihan terbanyak, yakni 38 persen. Kemudian disusul Gibran dengan 13 persen.

Selanjutnya Teguh Prakosa memperoleh angka 11 persen. Sedangkan Kaesang hanya memperoleh 1 persen suara.

Nama-nama lain yang muncul ialah guru mengaji Jokowi KH Abdul Karim, Ketua Kadin Surakarta Gareng S Haryanto, Mantan Rektor UNS Ravik Karsidi, pengusaha Slamet Rahardjo, Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Surakarta Her Suprabu dan akuntan publik Rachmad Wahyudi.

 

(dtk)

Facebook Comments