oleh

Tiba di Geosite Sipinsur, Jokowi Ajak Iriana Foto dengan Latar Belakang Danau Toba

Sebarr.com Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Ibu Negara Iriana foto berdua dengan latar belakang Danau Toba sambil menyeruput kopi Tabodo. Hal ini dilakukan Jokowi saat menyambangi kawasan wisata Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Jokowi tiba di Geosite Sipinsur, Kecamatan Polung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (29/7/2019) pukul 17.40 WIB. Jokowi datang bersama Iriana.

Begitu tiba, Jokowi langsung berkumpul bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Humbang Hasundutan. Mereka berbincang mengenai lokasi wisata di sekitar Danau Toba.

Usai berbincang, Jokowi kemudian mengajak Iriana untuk berfoto berdua dengan latar belakang alam Danau Toba. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih.

Para menteri, kepala daerah dan tokoh setempat juga melakukan foto bersama dengan Jokowi dan Iriana di titik yang sama. Selanjutnya Jokowi menuju lapangan Geosite Sipinsur.

Di lapangan tersebut terdapat pameran kopi dengan merk Tabodo. Jokowi mencicipi langsung kopi khas Humbang Hasundutan tersebut.

“Enak,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian menyodorkan segelas kopi yang dia seruput itu kepada Iriana yang ada di sebelahnya. Iriana pun mencicipi kopi jenis Lintong Arabica tersebut.

“Enak,” kata Iriana.

Kasubag Umum Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Humbang Hasundutan Hordarnim Purba menjelaskan, kopi yang diminum Jokowi itu merupakan kopi khas Kecamatan Polung, Kabupaten Humbang Hasundutan. Keistimewaannya, kopi tersebut memiliki rasa karamel.

“Kopi Tabodo ini merupakan kopi khas di wilayah ini. Dia ditanam di ketinggian sekitar 1.300 hingga 1.600 di atas permukaan laut. Kopi ini keistimewaannya memiliki rasa karamel, sehingga rasa asamnya tidak begitu terasa,” kata Purba.

Dia juga mengatakan, kata Tabodo untuk kopi itu berarti ‘enak’. “Itu bahasa Batak Toba yang artinya enak, mantap, sesuai dengan rasanya,” katanya.

Dia menambahkan kopi Tabodo tersebut sudah dijual bebas di pasaran. Bahkan telah mendunia.

“Kopi ini pernah kita bawa ke Paris dan Hawai. Jadi pasarnya sudah tembus ke Erop,” kata Purba.

Facebook Comments