oleh

Pengamat Sebut Gibran Memiliki Momentum Politik dan Popularitas Tertinggi Untuk Solo 1

Sebarr.com, Jakarta – Nama Gibran Rakabuming Raka, muncul di survei calon wali kota Solo. Gibran dinilai bisa menang mudah jika benar-benar nyalon wali kota.

“Saya memprediksi Gibran bisa menang mudah di Pilwalkot Solo bila kelak memutuskan maju. Salah satunya karena pengaruh Jokowi masih sangat kuat,” kata founder lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, kepada wartawan, Rabu (31/7/2019).

Prediksi ini mengacu pada sejarah politik Jokowi yang pernah menembus 90% di Pilwalkot Solo. Ditambah lagi perolehan hasil Pilpres 2019 lalu Jokowi mendapatkan 82% suara di Solo.

“Gibran saat ini memiliki momentum politik dan tingkat popularitas tinggi yang bisa menghantarkan dia menuju Solo 1,” kata pakar politik Universitas Paramadina ini.

“Tentang perdebatan apakah ini politik dinasti atau bukan menurut saya dalam sistem demokrasi, selama dipilih rakyat dan pemilihan berlangsung jurdil maka siapapun yang terpilih adalah sah,” katanya.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menjadi sorotan setelah survei menempatkan dirinya sebagai salah seorang calon wali kota Solo potensial. Gibran sendiri sampai saat ini belum terfikir ke arah sana, ia baru mengisyaratkan menunggu waktu pendaftaran.

“Lha wong ini tho, pembukaan pendaftaran ke KPU aja belum dibuka kok, ntar aja,” kata Gibran menjawab pertanyaan apakah dirinya berniat maju Pilwalkot Solo 2020. Wawancara dengan Gibran di Restoran Mbah Karto, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).

Gibran mengaku saat ini masih fokus berbisnis. Meski demikian, dia berseloroh meminta awak media memberitahunya jika pendaftaran Pilwalkot Solo 2020 sudah dibuka.

“Kalau pembukaannya sudah dibuka teman-teman kasih tahu saya,” ujarnya kepada wartawan.

Facebook Comments