oleh

Jokowi Pilih Sapi Jenis Simental, Haji Pacong: Kalau Sapi ini Mandinya 2-4 Kali Sehari

-Politik-1.718 views

Sebarr.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memilih sapi kurban untuk Idul Adha di peternakan sapi milik warga desa Alatengae, Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan. Jokowi memilih sapi jenis simental yang beratnya mencapai 971,5 kilogram.

Seorang peternak Haji Pacong mengatakan sapi pilihan Jokowi mendapatkan perlakuan khusus dari ratusan sapi lainnya. Sapi tersebut sangat dijaga kebersihannya.

“Sangat istimewa Pak. Saya mandi saja cuma sekali, kalau sapi ini mandinya 2 kali sehari kadang juga 4 kali sehari untuk menjaga kebersihan badannya. Mandinya juga itu kita selalu gosok sampai bersih. Pokoknya lebih dari kitalah,” kata Pacong, Kamis (01/08/2019).

Selain perawatan fisik, sapi yang dijual seharga Rp 48 juta itu, juga setiap saat diperiksa oleh tim dokter hewan. Tim memantau gigi, hidung, kaki hingga gerak tubuh sapi untuk menjamin kondisi sapi pilihan Jokowi ini tetap dalam kondisi baik sampai Idul Adha.

“Hampir setiap hari juga dokter hewan datang periksa semuanya. Biar kotoran juga diperiksa sama mereka. Katanya untuk memastikan tidak cacingan. Pokoknya perlakuannya istimewalah, karena memang untuk Pak Jokowi,” lanjutnya.

Sapi pilihan Jokowi ini ditargetkan mencapai bobot hingga 1 ton sampai Idul Adha. Pemberian pakan untuk sapi tersebut dilakukan secara maksimal, bahkan sapi itu bisa memakan lebih dari 10 karung rumput gajah per hari.

“Kalau proses pakannya baik selama beberapa hari ke depan ini, mudah-mudahan bisa sampai satu ton beratnya. Sapi ini memang dipilih dari beberapa sapi sejenisnya. Prosesnya cukup panjang, karena ada pemeriksaan dari tim dokter hewan,” kata kepala UPT Kesehatan Hewan Maros, drh Ujistiani Abidin.

Sapi jenis simmental ini merupakan hasil insiminasi buatan dari sperma sapi jantan dari Australia yang dimasukkan ke rahim sapi betina jenis Bali. Sejak lahir, sapi jenis ini memang sudah mendapatkan perlakuan khusus di dalam peternakan untuk mendapatkan bobot maksimalnya.

“Sapi ini dari hasil insiminasi buatan dari sapi Australia dan sapi Bali. Hasilnya yang hampir samalah dengan jenisnya yang ada di negara asalnya. Di sini itu dirawat sejak lahirlah dan memang sudah diistimewakan perlakuannya,” sebutnya.

Rencananya, sapi Jokowi ini akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa hari menjelang Idul Adha. Sapi ini akan dikurbankan di masjid tempat Gubernur Sulsel salat Idul Adha dan akan diserahkan langsung ke warga atas nama Presiden Joko Widodo.

(dtk)

Facebook Comments