oleh

Pidato Proklamasi Bung Karno Bergema, Sangsaka Merah Putih Berkibar Gagah di Langit Tiongkok

Sebarr.com, Beijing – Langit cerah dihiasi gumpalan awan putih seolah memayungi KBRI Beijing yang memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Tepat pukul sembilan pagi, teks Proklamasi bergema di KBRI Beijing sebagaimana 74 tahun yang lalu ketika Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun selaku Inspektur Upacara menyaksikan sembilan orang anggota Paskibra KBRI Beijing mengibarkan sang merah putih di langit Beijing yang cerah.

Prosesi pengibaran sangsaka merah putih yang berjalan sangat hikmat tersebut dilakukan oleh Anggota Paskibraka KBRI Beijing.

Lantunan lagu Rayuan Pulau Kelapa dan Maju Tak Gentar oleh Tim Aubade KBRI Beijing, dinyanyikan dengan lantang dan penuh semangat oleh segenap masyarakat Indonesia yang ikut serta dalam upacara tersebut.

Dubes Djauhari Oratmangun berterima kasih dan memuji Anggota Paskibraka dan Tim Aubade KBRI Beijing masing-masing terdiri dari 12 orang mahasiswa Indonesia yang tengah melanjutkan pendidikan di Tiongkok dalam mempersiapkan serta menjalankan pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

“Dalam mempersiapkan upacara HUT RI, mereka berlatih dengan penuh semangat kedisiplinan dan kerja keras. Penampilan yang sempurna. Terima kasih untuk Paskibraka dan Tim Aubade KBRI Beijing dan segenap peserta upacara yang hadir,” kata Dubes Djauhari dalam keterangan pers yang diterima Redaksi, Sabtu (17/3/2019) malam.

Usai melaksanakan peringatan HUT RI ke-74, KBRI menggelar beberapa kegiatan pesta rakyat dengan tema “Gempita Merdeka 74” serta aneka lomba seperti lomba balap karung, helm air, estafet tepung, dll.

Kemeriahan di KBRI Beijing bertambah semarak setelah DWP dan staf KBRI Beijing mengajak masyarakat bergoyong Tari Gemu Famire, Poco-poco dan Tobelo.

Puncak HUT Kemerdekaan RI ke 74 diisi dengan berbagai penampilan seni dari para musisi Indonesia, mahasiswa Indonesia dan Band KBRI Beijing yang baru terbentuk.
Penampilan dari group musik membawakan berbagai macam lagu mulai dari Lagu nasional, lagu daerah, lagu top forty.

Lagu Hits Dangdut tanah air seperti Meraih Bintang, Goyang Dumang, Sayang, dll sontak membuat para hadirin yang sebagian besar adalah mahasiswa itu tak mampu menahan diri untuk naik ke atas panggung dan menggoyang panggung Gempita Merdeka KBRI Beijing.

Selain itu, ada juga penampilan tari, paduan suara dan pertunjukan Angklung dari Diaspora Indonesia dan grup Huaqiao (Tionghoa Perantauan).

Bagi para peserta yang hadir, panitia juga menyiapkan berbagai masakan khas Indonesia untuk mengobati kerinduan kepada kuliner tanah air, seperti rendang, nasi goreng, mie goreng, dll.

Puncak acara bertambah semarak dengan adanya aneka doorprize seperti Sepeda lipat, alat elektronik, Handphone, Tas, jam tangan dan puluhan hadiah menarik lainnya. Dari 600 orang yang hadir, ada lima orang yang berhasil mendapatkan grand doorprize masing-masing lima tiket perjalanan Beijing – Jakarta/Bali (pulang pergi).

Dirgahayu 74 Tahun Kemerdekaan Indonesia!
SDM Unggul, Indonesia Maju!

KBRI BEIJING

Facebook Comments