oleh

Dubes Djauhari Oratmangun: Huaqiao Selalu Ikut Rayakan HUT RI di KBRI Beijing

Sebarr.com, Beijing – Gempita Merdeka HUT RI ke-74 yang diselenggarakan KBRI Beijing menjadi lebih semarak oleh penampilan seni dari kelompok Huaqiao.

Mereka menampilkan paduan suara lagu nasional, tarian tradisional, penampilan musik angklung, dll.

Meski tidak lagi berkewarganegaraan Indonesia, mereka tak pernah absen untuk mengikuti Upacara Bendera tiap tahunnya.

Dalam rilis KBRI Deijing yang diterima redaksi pada Senin, (19/08/2019) menyebutkan, Huaqiao Indonesia di Tiongkok sangat berperan penting dan strategis, khususnya sebagai jembatan budaya untuk mempererat people-to-people contact dan merekat hubungan persahabatan Indonesia-Tiongkok.

Dubes Djauhari Oratmangun mengatakan, Sebagian besar kelompok Huaqiao masih fasih berbahasa Indonesia, berbahasa daerah dan memainkan alat musik tradisional Indonesia sekaligus menyanyikan lagu daerah Indonesia.

“Seperti Sdr. Zhong Zhong yang merupakan generasi ketiga dari keturunan Huaqiao, meski tak fasih berbahasa Indonesia namun mampu menyanyikan lagu dalam bahasa daerah Indonesia dengan sangat lancar,” kata Dubes Djauhari.

Ayahnya, kata Dubes Djauhari melanjutkan, adalah WNI yang berasal dari Ambon dan hingga saat ini masih sangat fasih berbahasa daerah Ambon. “Kecintaan Sang Ayah kepada tanah Ambon membuatnya ingin agar anaknya dapat melestarikan bahasa dan budaya Ambon melalui kesenian bernyanyi lagu daerah,” tutup Djauhari sambil menyanyikan lagu Ambon bersama Shong zhong.

Untuk diketahui, Huaqiao sebagai salah satu dari Diaspora Indonesia merupakan Warga Negara Tiongkok yang pernah berkebangsaan Indonesia.

Sebagian besar dari mereka saat ini telah berusia lanjut rata-rata 80 tahun, dan telah memiliki keturunan hingga 4 generasi.
Meskipun dengan kemampuan fisik yang terbatas, mereka masih terus aktif ikut serta dalam program kegiatan KBRI Beijing, khususnya perayaan HUT RI.

Hal ini terlihat saat mereka menyanyikan dengan lantang menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia.

Kepala menengadah seraya tegap berdiri hormat kepada sangsaka merah putih, rasa bahagia terpancar dari mata mereka, mengiringi sang merah putih sampai di tiang tertinggi.

“Indonesia Kebangsaan ku, Bangsa dan Tanah Air ku, Marilah kita berseru, Indonesia bersatu!” Petikan lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan dengan lantang, semangat dan penuh haru bahagia oleh Huaqiao Indonesia di Beijing.

Dirgahayu 74 Tahun Kemerdekaan Indonesia! SDM Unggul, Indonesia Maju!

Facebook Comments