oleh

Jokowi: Dalam UU KPK Tidak ada Pengembalian Mandat

Sebarr.com, Jakarta – Aksi 3 pimpinan KPK Agus Rahardjo, Laode M Syarif dan Saut Situmorang yang mengembalikan mandat tugas dan tanggungjawab pengelolaan KPK kepada presiden Jokowi menjadi menuai sorotan publik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons aksi 3 pimpinan KPK tersebut. Jokowi menegaskan, istilah pengembalian mandat tidak pernah diatur.

“Sejak awal saya tidak pernah meragukan pimpinan KPK yang sekarang dan bahwa kinerja KPK itu baik dan dalam UU KPK tidak ada, tidak mengenal yang namanya mengembalikan mandat. Nggak ada, nggak ada,” kata Jokowi kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Aturan terkait posisi pimpinan KPK menurut Jokowi hanya soal pengunduran diri. “Meninggal dunia ada, terkena tindak pidana korupsi, iya. Tapi yang namanya mengembalikan mandat tidak ada,” sambungnya.

Pengembalian mandat pengelolaan KPK disampaikan dalam jumpa pers Ketua KPK Agus Rahardjo dan 2 wakil lainnya yakni Laode M Syarif dan Saut Situmorang.
Pengembalian mandat ini dilakukan menyikapi kondisi KPK yang berada di ujung tanduk setelah revisi UU KPK dibahas di DPR.

“Kami pimpinan, yang merupakan penanggung jawab tertinggi di KPK, dengan berat hati pada hari ini, Jumat, 13 September 2019, kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden RI. Kami menunggu perintah,” ujar Agus dalam jumpa pers di gedung KPK, Jumat (13/9).

Facebook Comments